Categories Menu

KEMENDIKBUD RI MENGGELAR “NONTON BARENG FILM INSPIRATIF” DI CIMAHI

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI lewat Direktorat Sejarah dan Nilai Budaya di tahun 2013 ini kembali menggelar “Persemaian Nilai Budaya – Nonton Bareng Film Inspiratif” untuk 3 tahun berturut – turut ; untuk tahun ini akan diselenggarakan di 30 kota di seluruh Indonesia, termasuk Cimahi. Daerah ini sendiri akan menjadi titik terakhir persinggahan Kegiatan Inspiratif di Provinsi Jawa Barat setelah hari Minggu (23/6) telah diselenggarakan di Kabupaten Garut .
Tujuan dari Program “Persemaian Nilai Budaya – Nonton Bareng Film Inspiratif” ini antara lain adalah untuk memberi kesempatan bagi pelajar, tenaga pendidik dan masyarakat setempat untuk menonton film berkualitas yang bernuansa pembangunan karakter bangsa sesuai dengan tujuan program yakni membangun karakter bangsa dengan film sebagai media internalisasi nilai-nilai karakter bangsa melalui penciptaan tokoh-tokoh inspiratif dan jalan cerita yang terdapat dalam film.Kemendikbud RI saat ini tengah giat menggalakan sosialisasi dan edukasi pengembangan nilai budaya dan pendidikan karakter bangsa yang dituangkan dalam 18 Nilai Karakter Bangsa.
Harapan dari terselenggaranya kegiatan ini adalah para peserta kegiatan mulai dapat memilah pengaruh – pengaruh positif dan negatif dari serbuan informasi media terutama dari media audio visual , dan menjadi terinspirasi untuk mengembangkan karakter – karakter positif yang terdapat di dalam dirinya dengan melihat film – film yang ditayangkan di dalam acara tersebut , sehingga dapat tercapai keseimbangan antara kecerdasan intelektual (dari ilmu yang dipelajari di sekolah) dan kecerdasan emosional .
Kegiatan yang bertema “Film Berkarakter, Inspirasi Kita” ini diselenggarakan pada hari Kamis, 27 Juni 2013 dan bertempat di GOR Dinas Jasmani Angkatan Darat, Cimahi. Acara dibuka oleh Wakil Walikota Cimahi Drs. H. Sudiarto, S.E, Ak. , dan turut dihadiri oleh Anggota Komisi X DPR Popong Otje Djundjunan dan beberapa tokoh sineas dari industri perfilman Indonesia.
Acara yang dibagi dalam tiga sesi yakni sesi untuk tenaga pendidik, siswa dan masyarakat umum ini dihadiri oleh 700 guru, 700 siswa sekolah dasar dan menengah pertama serta 600 masyarakat umum. Adapun film yang diputar di Kota Cimahi adalah adalah “Tanah Surga , Katanya” untuk sesi guru, “Brandal – Brandal Ciliwung” untuk sesi siswa dan “Surat Kecil Untuk Tuhan” yang diperuntukkan bagi masyarakat umum.
Selain menonton film, acara juga dilengkapi dengan pengantar motivasi oleh praktisi pendidikan Desak Made Hughesia Dewi , SPd atau yang lebih dikenal dengan nama Dewi Hughes, serta diskusi interaktif dengan narasumber yang berasal dari industri perfilman antara lain Bustal Nawawi (Produser dan Tokoh Perfilman) , Ody Mulya Hidayat (Produser) dan Endy Arfian (Artis Cilik “Brandal – Brandal Ciliwung”).